Rabu, 08 Februari 2012

MLM ORIFLAME HARAM GAK SEH????

Kemarin udah janji mau bahas soal halal haramnya MLM oriflame. Kalau masih ragu ragu MLM ORIFLAME haram gak seh? mari kita bahas secara tuntas disini yah!!!

Kita bisa menilai sebuah bisnis halal atau haram dari beberapa unsur dibawah ini: 
1.Gharar (Kontrak yang tidak jelas dan lengkap)
Di Oriflame, terdapat sebuah kontrak jelas dan lugas bahwa bonus keuntungan yang kita dapat adalah diperoleh langsung melalui keuntungan langsung dari penjualan yang kita lakukan dari katalog (selisih harga didasarkan diskon) serta dalam sistem Multilevelnya terdapat success plan yang jelas, lugas, tegas memberikan kejelasan kepada kita apa yang harus kita capai dan lakukan agar memperoleh bonus dan jabatan yang ditentukan, jadi menurut saya tidak ada lagi ketidakjelasan pada sistem oriflame.
2. Riba
Oriflame adalah perusahaan yang memberikan prinsip bagi hasil yang jelas didasarkan persentase kepada tiap konsultannya, apabila konsultan oriflame telah memenuhi kualifikasi tertentu (bisa dilihat di successplannya) maka dia akan mendapatkan persentase sejumlah tertentu yang telah ditentukan.
Serta yang jelas, di oriflame kita menjual/berjualan produk nyata yang memiliki manfaat dan bentuk fisik yang jelas, jadi prinsip di oriflame baik dari direct selling maupun sistem MLMnya adalah berbasis jual beli, bukankah Allah menghalalkan Jual beli dan Mengharamkan riba?
refference: MUI: tak semua mlm itu haram
3. Maisir (judi)
Di Oriflame saya yaqin haqul yaqin tidak ada unsur maisirnya, karena disini semuanya jelas, tidak ada yang spekulatif, contohnya apabila kita ingin mencapai level senior manager dengan bonus penghasilan 5-7 juta perbulan, maka jelas sudah berapa poin grup yang harus kita kumpulkan, serta disini, saat pertama kali join kita tidak perlu membeli (dengan terpaksa) produk-produk yang tidak dibutuhkan oleh kita
Selain itu di oriflame juga berlaku banget sebuah rumus kehidupan “Usaha+Do’a = Hasil” tidak peduli setinggi apapun jabatan anda disini, anda tetap harus bekerja dan menunjukkan produktifitas demi membangun grup anda lebih baik kedepannya
serta satu lagi parameter sebuah aktifitas judi atau tidak adalah: “Setiap permainan yang pesertanya dihadapkan kepada dua pilihan, yaitu untung atau rugi, maka itulah judi.” (Nailul Authar: 8/175).Di Oriflame jelas kita tidak akan dihadapkan pada dua pilihan tsb, karena di oriflame sendiri Join HANYA Rp39900,- uang segitu kalau boleh jujur, tidak akan membuat kita rugi, karena uang sejumlah 39rban tsb bukan kita bayarkan ke oriflame untuk kepentingan administrasi semata, melainkan untuk mendapatkan Stater Kit yang berisi berbagai hal yang kita perlukan terkait oriflame
4. Tadlis/ghisy (penipuan)
oriflame itu berdiri tahun 1967 di sweden(swedia) dan di Indonesia tahun 1986. Apabila oriflame pernah melakukan penipuan atau sistem yang diberikan oriflame ternyata menipu, sungguhpun perusahaan ini tidak akan bertahan lama (1986-sekarang) sudah sekitar 25 tahunan dan semakin mapan, apa masih bisa dibilang menipu??
5. Dzolim
kalo ada yang bilang MLM itu dzolim karena menerapkan sistem piramida yakni yang gabung duluan dapet duit lebih banyak meski kerjanya ongkang-ongkang kaki, dan yang dibawahnya pontang-panting bekerja banting tulang anda patut kecewa, karena Oriflame TIDAK MENERAPKAN sistem piramida, sistem di oriflame adalah lingkaran, siapa yang bekerja lebih giat dia dapat hasil lebih banyak, tidak peduli posisinya sebagai upline/downline
disitu saya sadar, jika Oriflame adalah bisnis saya yang segalanya tergantung saya, saya di oriflame bukan kepentingan upline saya, karena di oriflame perbedaan upline dan downline hanya sebatas si upline gabung (join) duluan sedang si downline gabung setelah uplinenya, itu saja, that’s it.
6. Produk oriflame
Produk oriflame sendiri telah mendapatkan izin dari BPom, hal ini sekaligus menegaskan jika produk oriflame adalah baik dan sesuai untuk tubuh dan kesehatan kita, untuk lebih jelasnya sebagai berikut
Selain itu oriflame menjamin 100% produk yang telah dirilis olehnya karena telah melalui riset dan uji coba selama bertahun-tahun
7. Kisaran harga produk oriflame
Produk oriflame mahal?? masa siih?? saya merasa harga daripada produk oriflame ini dalam kisaran yang wajar, karena:
-Produk oriflame berstandar Eropa
-Produk oriflame murni di Impor dari luar negri
-Ukuran (size) oriflame berada pada kisaran medium yang cukup besar, jadi tidak heran jika harganya diatas harga pasar, karena biasanya produk yang ada dipasaran dijual dengan ukuran yang biasa-biasa saja sedangkan produk oriflame memiliki ukuran yang cukup besar
-Kualitas oriflame adalah kualitas premium yang tentu saja tidak ecek-ecek, bayangkan jika kualitas produk oriflame tidak bagus namun dengan harga yang relatif tidak kecil, tentunya perusahaan ini tidak akan bertahan sampai saat ini di Indonesia (1986-sekarang) yang konsumennya terkenal selektif dalam membeli barang
jadi saat kita telah gabung dan jika kita membeli produk oriflame untuk keperluan sendiri, itu bukanlah menjadi aspek yang mubazir, sebab kita juga membeli produk tersebut karena kebutuhan dan untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dan kuantitas (size) yang lebih bessar
8. Jual beli orang
untuk mengingatkan kita semua agar berhati-hati jika gabung disebuah bisnis (yang ngakunya) MLM tapi saat kita gabung ternyata orang yang ngajak kita gabung dapet duit alias joining fee.Binsis (yang ngakunya) MLM tsb wajib kita waspadai karena ada unsur money gamenya karena secara logika, apa yang diperjual belikan? wong baru gabung bawa diri doang kok yah??
Bagaimana dengan oriflame?? di oriflame apabila anda gabung dengan saya, maka saya TIDAK AKAN MENDAPATKAN apapun saat anda pertama kali gabung dan belum melakukan transaksi jual beli dengan oriflame, TIDAK SEPESER rupiahpun atau poin, seperti yang telah saya jabarkan di poin ke-2 (Riba) jika poin yang didapat di oriflame adalah berbasis jual beli murni.
Jadi di oriflame ini, saya punya kewajiban dan amanah untuk membimbing konsultan-konsultan baru di jaringan saya, saya wajib menyediakan katalog, saya wajib mengajaknya ikut training dan meeting, saya wajib memberikan tips dan trik dalam berjualan, saya wajib mendampinginya saat dia mempresentasikan bisnis ini kepada teman-temannya bahkan saya wajib mempresentasikan bisnis ini untuk dia apabila diminta olehnya.Suatu saat dia mendapatkan poin dari transaksi jual beli, maka poin tersebut akan diduplikasi kepada saya, namun dengan catatan, apabila saya memperlambat kerja dan santai-santai saja sementara dia menunjukkan produktifitas yang kian positif, maka siap-siap gaji saya ditarik olehnya, hahahaaa…….
bahasa yang lebih singkatnya adalah, di oriflame, saya tidak bisa maju hingga saya membimbing anda (konsultan baru di oriflame) untuk maju bersama-sama saya, namun ingat, kewajiban saya hanya sebatas membimbing dan menfasilitasi, seluruh perkembangan yang terjadi kepada anda kedepannya adalah tergantung dari kemauan dan usaha anda
9. Lupa Tuhan
Pada salah satu khutbah jum’at yang pernah saya hadiri, sang khotib pernah berkata: “bisnis yang baik dan halal itu dilihat dari apakah bisnis tersebut menjauhkan kita atau mendekatkan kita kepada Tuhan”
Kesimpulan
Jadi, menurut saya pribadi, bisnis oriflame ini sulit untuk diragukan halal/haramnya, karena jelas dari segalanya di oriflame ini mengarah kepada kebaikan, ini merupakan pendapat dari apa yang saya rasakan, saya jujur tidak pernah memaksa siapapun untuk gabung di oriflame, saya hanya mengajak, karena di oriflame berlaku dua rumus kehidupan, yakni:
1. Usaha+Do’a=Hasil yang menjelaskan meski telah gabung dengan oriflame, kita tidak akan mendapatkan apa-apa, sampai kita melakukan upaya untuk mendapatkan sesuatu, analoginya adalah, bayangkan saja oriflame adalah sebuah kendaraan, apakah kendaraan tersebut bisa jalan, apabila kita tidak menyalakan stater dan menginjak pedal gasnya?? think about that, deeply……
2. Kualitas > kuantitas=Lebih Baik yang menjelaskan, jika oriflame tidak seperti bisnis lain yang mana semakin banyak kita merekrut orang, semakin besar pendapatan kita (karena ada joining fee-nya) memang benar di oriflame, kita harus memperbanyak jumlah team kita dengan cara mengajak orang lain, tetapi dengan catatan kita juga wajib memperbaiki kualitas team grup kita, karena apabila ada orang lain gabung-gabung aja, lalu tidak melakukan aktifitas dan transaksi apapun setelahnya karena dia terpaksa gabung dan hanya kasian melihat yang mengajaknya, maka bisa jadi anda telah melakukan hal yang kurang baik, karena perlu dicatat: “tidak ada paksaan dalam bisnis oriflame ini” jika ingin maju, hayyuuk kami fasilitasi, jika memang tidak ingin dan sudah membatasi diri, maka sayyonara panas karena pasti ada orang lain yang akan lebih baik lagi
bagi yang mulai tertarik, ingin gabung, silahkan gabung melalui link di bawah ini:

GABUNG SEKARANG

4 komentar:

  1. Maaf , tapi menurut saya oriflame menjauhkan kita dr syariat islam. Kita jd mendadak narsis dan genit. Kita jg jd hobi berdandan dan terlampau eksis. Produk yg dijual jg tidak ada jaminan halal. Dan bagaimanapun jg, bonus yg kita dptkan itu berasal dr poin grup, ygmana bukan hak kita. mmg klo kita mendapatkan sesuatu dr yg haram, kita akan terus mencari pembenaran. Hati kita menjadi keras, dan susah dinasehati. Hati2 dgn istidraj. Semoga Allah memberi hidayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim11:41 AM

      ada hal selain itu, silahkan baca di link berikut :
      http://pengusahamuslim.com/multi-level-marketing-dalam-timbangan-syariat

      http://pengusahamuslim.com/syarat-mlm-yang-1453

      http://muslim.or.id/soal-jawab/soal-40-hukum-mlm.html

      Hapus
  2. Anonim5:01 PM

    SETUJU SAMA MBAK VINA..UPLINE 2 DAPAT INCENTIVE DAN JALAN JALAN ITU BERASAL DARI MANA ? DARI DOWNLINE2 YANG BEKERJA KERAS MENJUAL ORIFLAME DAN MEREKRUT MEMBER. ENTAH UPLINE ITU DAPAT POINT DARI SIAPA DAN DARI KAKI KE BERAPA MEREKA TIDAK TAHU, SAYA PERNAH LIHAT ADA SEORANG NENEK 2 DIREKRUT DI JOGJA DAN DAPAT 200BP. NENEK 2 ITU JUALAN POINNYA PASTI JATUH KE ATAS DAN KEATASNYA LAGI,, ENAK SEKALI YA MEMANFAATKAN NENEK UNTUK DAPAT POIN. JANGAN BAWA AYAT AYAT DAN HADIS UNTUK MEMBENARKAN HARAM JADI HALAL. LEBIH BAIK JUAL BELI YG LUMRAH SPT YG DICONTOHKAN RASUL.

    BalasHapus
  3. Anonim5:02 PM

    SETUJU SAMA MBAK VINA..UPLINE 2 DAPAT INCENTIVE DAN JALAN JALAN ITU BERASAL DARI MANA ? DARI DOWNLINE2 YANG BEKERJA KERAS MENJUAL ORIFLAME DAN MEREKRUT MEMBER. ENTAH UPLINE ITU DAPAT POINT DARI SIAPA DAN DARI KAKI KE BERAPA MEREKA TIDAK TAHU, SAYA PERNAH LIHAT ADA SEORANG NENEK 2 DIREKRUT DI JOGJA DAN DAPAT 200BP. NENEK 2 ITU JUALAN POINNYA PASTI JATUH KE ATAS DAN KEATASNYA LAGI,, ENAK SEKALI YA MEMANFAATKAN NENEK UNTUK DAPAT POIN. JANGAN BAWA AYAT AYAT DAN HADIS UNTUK MEMBENARKAN HARAM JADI HALAL. LEBIH BAIK JUAL BELI YG LUMRAH SPT YG DICONTOHKAN RASUL.

    BalasHapus