Selasa, 16 April 2013

ADA APA DIBALIK UJIAN NASIONAL YANG TERTUNDA

Beberapa hari ini ramai kabar UN yang mundur di 11 provinsi di Indonesia bagian timur. Bagaimana bisa lembaga yang begitu besar dan banyak orang di dalamnya bisa teledor macam ini. Rasa nya pengen teriak saja apa yang sebenarnya terjadi dalam tender tersebut. Yang pasti saya juga tidak tahu hanya bisa menduga duga dan ujung ujungnya dugaan jelek.. astagfirulloh,,,

Yang saya pikirkan hanya satu,apakah tidak ada petugas yang mengawasi langsung ke percetakan. Awalnya muncul berita akibat kerusakan mesin di percetakan. pun seandainya itu terjadi kan bisa di pindah ke percetakan lain, dengan alasan ketidakmampuan melakukan tugas sesuai perjanjian.

Sekarang muncul lage alasan lain yaitu dari pihak percetakan yang menyatakan bahwa keterlambatan di sebabkan karena draft soal diterima 25 hari yang seharusnya 60 hari. Terus bagaimana persiapan orang orang yang bekerja di dalamnya sebelumnya. Ini kan sudah kebiasaan setiap tahun, harusnya sudah ada rencana dasar dari awal.

Alasan apa lage yang akan muncul ke permukaan? yah kita tunggu saja apa yang sebenarnya terjadi di kementrian ini. Ini adalah corengan besar bagi dunia pendidikan.

Sudah punya akun sby di twitter? kalau belum coba lihat, berbagai keluh kesah UN banyak sekali disana. Ada yang berkata bahwa mutu kertas nya jelek. sekali di hapus sudah brudul, jawaban yang sangat mengecewakan karena bilangnya atas karena keterbatasan waktu pengerjaan. Semakin heran saya, kalau pihak percetakan sebagai pemenang tender besar seperti ini pasti sudah ada proposal dan contohnya kertasnya harusnya.

Terus siapa yang memenangkan tender nya dan memilih percetakan ini sebagai tender. Adakah di muat di situs resmi kemendikbud. Sepertinya saya tidak menemukannya. 

Tanda tanya semakin besar di kepala saya. Apa yang sebenarnya terjadi?
dan lihatlah link ini, jika akan ada tambahan anggaran ujian nasional mungkinkah UN tidak akan terlambat lage?

hanya bisa mengelus dada......dan berharap tidak akan terulang